Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Makna Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri I Percut Sei Tuan dalam memahami puisi dengan pendekatan struktural. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 31 siswa, hanya ada 8 peserta didik yang mendapat nilai ≥ 8.0 (26 %) atau 23 orang yang mendapat nilai <8.0 sedangkan nilai rata-rata kelas adalah 7,30. Pada tes akhir siklus II dari 31 peserta didik, yang mendapat nilai ≥ 8.0 berjumlah 27 orang atau sekitar 87% dari jumlah seluruhnya. Terdapat perubahan atau peningkatan kemampuan peserta didik dalam menganalisis makna puisi dengan menggunakan pendekatan struktural.