Implementasi Model Problem Based Learning Didukung Window Shopping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif

Abstract

 Indikator kualitas pendidikan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan cara  mengimplementasikan metode dan model pembelajaran yang efektif yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didiknya. penerapan window shopping pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.  Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X.6 SMAN Umbulsari dengan mengimplementasikan window shopping dalam model pembelajaran PBL. Analisis data  yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan  adanya peningkatan hasil belajar  kognitif  dan prosentase ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar kognitif siklus 1 adalah 83,86 dengan prosentase ketuntasan sebesar 66,6%, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 90,19 dengan prosentase ketuntasan meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan di kelas X.6 SMAN Umbulsari menunjukkan hasil belajar kognitif meningkat pada penerapan model pembelajaran PBL berbantuan window shopping.