Pengaruh Aksesbilitas, Fasilitas, dan Tarif Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung Ke Gunung Budheg Kab. Tulungagung (Studi Kasus Kawasan Wisata Gunung Budheg, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung)

Abstract

Salah satu sektor yang saat ini menjadi perhatian dan diperhitungkan di seluruh negara baik sebagai negara maju atau negara sedang berkembang salah satunya Indonesia adalah sektor pariwisata. Biasanya hal yang mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yaitu Aksesbilitas, Fasilitas dan Tarif untuk itu peneliti mengambil judul Pengaruh Aksesbilitas, Fasilitas, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Gunung Budheg Kabupaten Tulungagung. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh aksesbilitas, fasilitas dan tarif terhadap kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Gunung Budheg.  Sampel yang digunakan sebanyak 74 pengunjung, dan Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil uji secara parsial menunjukan jika Aksesbilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan hasil thitung<ttabel sebesar 0,093 < 1,666, Fasilitas terhadap kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan dengan nilai thitung>ttabel sebesar 2,092 > 1,666 dan Tarif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai thitung>ttabel sebesar 8,293 > 1,666. Sedangkan secara simultan Aksesbilitas, Fasilitas dan Tarif berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Wisatawan dengan hasil Fhitung>Ftabel 123.479>3.128. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,834 yang memiliki arti jika perubahan kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh perubahan Aksesbilitas, Fasilitas dan Tarif 83,4%. Dan sisanya 16,6% dipengaruhi faktor yang lain.