Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada Hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan judul penelitian yaitu seluruh karyawan yang bekerja pada Hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode pilihan tertentu yang memiliki criteria sesuai dengan fenomena yang diteliti (purposive sampling). Variabel Bebas (Independent) dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang tediri dari produk, harga, tempat dan promosi. Variabel Terikat (Dependent) dalam penelitian ini adalah meningkatkan jumlah penjualan. Hasil wawancara yang penulis lakukan terhadap responden yang berjumlah 2 orang sampel yang tekait dengan judul penelitian, diketahui bahwa jawaban-jawaban responden terhadap variabel-variabel penelitian memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan jumlah pelanggan, dengan demikian variabel produk, harga, tempat dan promosi menjadi variabel penentu dalam strategi pemasaran hotel yang harus ditingkatkan sehinggan hotel grand nagan menjadi hotel nomor satu pilihan bagi seluruh masyarakat baik didalam daerah maupun diluar daerah. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan pimpinan dan manejer hotel dari jawaban yang diberikan dari keseluruhan variabel keseluruhan variabel bahwa strategi produk, harga, tempat dan promosi dapat mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan pada hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya maka penulis menyimpulkan bahwa hipotesis diterima.