EVALUASI PROGRAM ANGGARAN PENDIDIKAN PADA PENGELOLAAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini adalah untuk untuk melihat bagaimana evaluasi program anggaran pendidikan pada mutu pendidikan. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Artikel ini bertujuan menjelaskan terkait topik implementasi anggaran pendidikan dalam satuan pengelolaan dan penyelenggaraan mutu pendidikan di dalam sebuah sekolah lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program anggaran pedidikan dalam mutu pendidikan adalah 1) untuk mengetahui sumber dana keuangan sekolah, (2) untuk mengetahui apa saja komponen pembiayaan sekolah, (3) untuk mengetahui mekanisme penyusunan RAPBS, (4) dan untuk mengetahui pertanggungjawaban pelaksanaan APBS. Penelitian dilakukan untuk bisa mengetahui tentang perumusan dan implementasi anggaran pendidikan pada satuan pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan di sekolah negeri dan sekolah swasta, sehingga nantinya observasi penelitian ini bisa mngetahui hal-hal yang harus diperhatikan dan hal-hal yang berkaitan dengan anggaran pendidikan yang baik dan sesuai dengan peraturan pemerintahan.