Penerapan Algoritma Backtracking Berbasis BFS dengan Pendekatan Heuristik dalam Permainan Hangman

Abstract

Permainan Hangman adalah permainan tebak kata yang melibatkan pemain untuk menebak kata dengan menebak huruf huruf yang tepat. Keberhasilan dalam permainan hangman bergantung pada kemampuan pemain dalam mengidentifikasi kata dengan tepat melalui tebakan huruf huruf yang relevan. Dalam konteks ini peneliti menggunakan algoritma backtrakingoptimize dengan pendekatan heuristic berbasis BFS (Breadth-First-Search) yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengoptimalan pada permainan hangman terutama ketika kata yang harus ditebak memiliki jumlah huruf yang lebih banyak. Dalam pendekatan heuristic peneliti menggunakan metode prunning untuk menambahkan nilai baru yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian sebelumnya meliputi penambahan fitur dan pemodifikasian pada permainan hangman yaitu berupa sistem nyawa yang berbentuk kesempatan kepada pemain. Setiap pemain diberikan kesempatan terbatas untuk menebak huruf-huruf yang salah sebelum kehilangan nyawa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemikiran pemain dalam mengambil keputusan strategis dalam menebak kata serta meningkatkan keterbacaan instruksi yang disusun secara jelas dan terstruktur agar membantu pemain untuk memahami aturan permainan dengan lebih baik. Optimisasi ini meningkatkan kesempatan pemain untuk mencapai hasil yang diinginkan.