Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui peran pengawas sekolah di SD Negeri 2 Lampahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 9 orang guru dan 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Dan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran menunjukkan hasil yang baik yaitu 55,6% dengan kriteria cukup. Sedangkan aktifitas siswa dengan melihat dan mendengarkan media pembelajaran dengan serius menunjukkan hasil yaitu 80% dengan kriteria baik. Akan tetapi aktifitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari sebesar 8% dengan kriteria kurang dan aktifitas siswa dalam bertanya kepada guru sebesar 20% dengan kriteria kurang. Pada siklus II hasil penilaian terhadap penilaian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran menunjukkan hasil yaitu 88,9% dengan kriteria baik, Sedangkan aktifitas siswa dalam melihat dan mendengarkan media pembelajaran dengan serius menunjukkan hasil yaitu 86,2% dengan kriteria baik. Aktifitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari sebesar 82,8% dengan kriteria baik dan aktifitas siswa dalam bertanya kepada guru sebesar 79,3% dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pentinganya peran pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap 9 orang guru di SD Negeri 2 Lampahan dinyatakan berhasil dengan memberikan pelatihan, pemahaman dan penggunaan media pembelajaran.