Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan Wawasan Global dan Partisipasi Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran Small Grup Discussion adalah pembelajaran yang melibatkan kelompok, dimana dalam pengelompokannya menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli.Kelompok asal adalah kelompok yang telah dibentuk oleh guru pada awal pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, mengevaluasi  Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan penelitian penerapan Model Small Grup Discussion dalam meningkatkan Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar  di kelas XII  SMK Maqnaul Ulum  dilaksanakan menjadi tiga tahap yaitu perencanaan Model Small Grup Discussion, Pelaksana atau proses pembelajaran Model Small Grup Discussion, dan Evaluasi atau penilaian. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa diwujudkan dalam kegiatan guru dalam perencanaan yaitu dengan mengembangkan aspek keterampilan berpikir kritis dan wawasan global terutama dengan indikator pembentukan masalah, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan, memiliki pemikiran kritis dan logis dalam analisis masalah, sehingga dapat mencari informasi yang relevan dan menyimpulkan hasil presentasi. (2) Pelaksanaannnya berupa Terbentuknya sikap kritis siswa dalam pembelajaran, yang paling menonjol dalam aktivitas siswa ketika siswa dapat bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lain pada saat presentasi, pekerjaannya berkaitan dengan fakta dan logis menurut pemikiran siswa lain.