Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor
Abstract
Kurikulum merdeka menekankan pada kebebasan dalam belajar sesuai dengan potensinya. Hal tersebut mengakibatkan guru kesulitan dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik yang beragam. Selain itu dalam pembelajaran matematika masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam perkalian dan pembagian. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PBL pada pembelajaran matematika kelas 5B di SDN Bendan Ngisor. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian menggunakan peserta didik kelas 5B SDN Bendan Ngisor Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan tes. Bentuk analisis informasi yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil nilai evaluasi pra siklus didapatkan rata-rata nilai 54 dimana 10 peserta didik atau 40% dari keseluruhan sudah tuntas dalam belajar. Pada siklus I didapatkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 75,4 dengan 18 peserta didik atau berkisar 72% peserta didik sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu pada siklus II nilai normal yang diperoleh adalah 82 dimana 22 siswa atau 88% siswa telah tuntas dalam belajar. Mengingat ketetapan indikator keberhasilan, tingkat pemenuhan hasil belajar siswa khususnya 85% peserta didik telah mencapai nilai ≥ 70, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level dengan model pembelajaran Problem Based Leaning dapat dinyatakan berhasil.