Analisis Nilai Karakter Disiplin Pada Pembelajaran Tematik Tema 8

Abstract

Disiplin berperan penting dalam menentukan kesuksesan belajar siswa dan banyak manfaat lain yang dapat diambil apabila siswa melaksanakan disiplin. Nilai karakter disiplin harus ditanamkan sejak dini. karakter disiplin adalah sikap seseorang yang mentaati segala peraturan serta norma-norma yang berlaku. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang nilai karakter disiplin pada pembelajaran tematik tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 1 manusia danlingkungan siswa kelas V SDN 1 Kendalbulur dan untuk mendeskripsikan tentangfaktor yang mempengaruhi nilai karakter disiplin pada pembelajaran tematik tema8 lingkungan sahabat kita subtema 1 manusia dan lingkungan siswa kelas V SDN1 Kendalbulur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjekpenelitian siswa kelas V berjumlah 18. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasi. teknik analisis data dengan menggunakanTeknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasilpenelitian dan pembahasan maka ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter disiplinpada pembelajaran tematik tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 1 manusia danlingkungan siswa kelas V SDN 1 Kendalbulur yaitu pada sub indikator persiapansiswa dalam pembelajaran, memperhatikan dengan baik saat pembelajaran,mengerjakan tugas yang diberikan guru dan menyelesaikan tugas tepat waktusebanyak 13 siswa telah memenuhi dan 5 siswa kurang memenuhi. Pada subindikator aktif dalam kegiatan pembelajaran terdapat 15 siswa telah memenuhi dan3 siswa yang kurang memenuhi. Adapun faktor yang mempengaruhi nilai karakterdisplin yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiribeserta minat. Fakor eksternal dipengaruhi oleh situasi dan kondisi kelas, keluargaatau kebiasaan keluarga, dan sanksi dan hukuman.