Pengaruh Digital Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Palembang
Abstract
Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana konsumen benar-benar membeli. Beberapa factor yang mempengaruhi keputusan adalah Digital Marketing dan Harga. Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa pasar properti Nasional menunjukkan tren yang terus membaik pada tahun 2022. Kenaikan harga properti meningkat lebih pesat dibanding tahun sebelumnya, demikian pula dengan permintaan pasar. Rumah.com Indonesia Property Market Index menunjukkan kenaikan harga secara tahunan pada kuartal ketiga 2022. Indeks harga properti naik sebesar 4,9 persen secara tahunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Digital Marketing dan Harga terhadap keputusan pembelian property di kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berbentuk asosiatif kausal melalui pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Sumatera Selatan. Sampel yang dilakukan sebanyak 100 responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non- probability Sampling. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang berupa daftar pernyataan kepada responden. Dalam penelitian ini, kuesioner akan disebarkan secara online melalui google form kepada semua masyarakat di Kota Palembang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian propertu di kota palembang, semakin baik digital marketing di gunakan maka semakin tinggi keputusan pembelian dan harga yang diberikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian property di kota Palembang.