KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR IPA BERDASARKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas IV MI Ma’arif Ngrupit diketahui adanya motivasi belajar siswa yang rendah. Salah satu faktornya yaitu belum adanya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping. Model dan media yang digunakan bertujuan agar pembelajaran yang dilakukan terkesan menarik sehingga dapat memacu motivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa yang menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping, serta mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa secara signifikan antara yang menggunakan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, dengan sampel sejumlah 51 siswa. Sampel tersebut berasal dari dua kelas yaitu kelas IV A dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil pada penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa yang menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping memiliki kategori cukup. Analisis data penelitian ini menggunakan t-test uji beda dua mean independen. Hasilnya terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditunjukkan dengan skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 107,00 > 95,00. Kemudian, berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai t pada equal variances assumed adalah 4,337 dengan sig. 0,000, yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05.