HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Public speaking merupakan sebuah proses, tindakan dan seni dalam berkomunikasi didepan forum baik skala kecil maupun besar. Proses yang dimaksud merupakan bagaimana melatih seseorang untuk berbicara didepan umum, salah satunya merupakan dengan kebiasaan membaca. Tujuan penelitian merupakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan public speaking siswa sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa, dengan teknik samplingJenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif studi korelasional, jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini yaitu: Penelitian dapat disimpulkan (1) kebiasaan membaca siswa sekolah dasar rendah, (2) kemampuan untuk public speaking siswa sekolah dasar, dikatakan sedang, (3) Tidak terdapat hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan public speaking pada siswa sekolah dasar.