PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR PASCA MASA PANDEMI PADA ANAK KELAS 2 MI AL-FAJAR KEDUNGGALAR NGAWI

Abstract

Orang tua memiliki peran yang besar dalam diri seorang anak terutama dalam pendidikan anak dan juga tidak terkecuali pada pembinaan karakter disiplin belajar pada anak, dikarenakan karakter disiplin tidak terbentuk secara instan maka tetap ada proses pembentukan disiplin belajar salah satunya yakni dengan adanya peran orang tua, karena peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak terutama peran orangtua dirumah. Peran orangtua dirumah antara lain yakni sebagai motivator dan fasilitator bagi anak. Disiplin sendiri tidak dapat di bangun secara instan dibutuhkan proses yang panjang agar melekat kuat dalam diri seorang anak, oleh karena itu disiplin harus dilakukan sejak dini agar mereka belajar hal-hal baik utuk mempersiapkan di masa dewasa. penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran orang tua sebagai motivator dan fasilitator dalam pembinaan karakter disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua sebaga motivator diwujudkan dengan memberikan contoh yang baik kepada anak serta membimbing dan menasehati anak, sedangkan peran orang tua sebagai fasilitator diwujudkan dengan memberikan suasana nyaman untuk anak belajar dan mendampingi anak belajar dirumah