PROFIL GAYA BELAJAR SISWA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI KELAS VA MIN 6 PONOROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil gaya belajar visual, auditori, kinestetik siswa, dan faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA MIN 6 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada 4 siswa yang menunjukkan gaya belajar visual, 4 siswa menunjukkan gaya belajar auditori, dan 9 siswa yang menunjukkan gaya belajar kinestetik. Adapun 4 faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada proses pembelajaran IPA di kelas VA; meliputi faktor fisik, faktor emosi, faktor sosiologis, dan faktor lingkungan. Dengan disimpulkan bahwa profil gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA MIN 6 Ponorogo ini diketahui ada 3 gaya belajar siswa yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Gaya belajar siswa tersebut ternyata dapat dipengaruhi oleh 4 faktor yang terjadi selama pembelajaran IPA di kelas VA yaitu faktor fisik, faktor emosi, faktor sosiologis, dan faktor lingkungan.