REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap representasi nilai-nilai pendidikan pada cerpen-cerpen dalam surat kabar harian umum Solopos Edisi bulan Oktober-Desember 2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa cerpen-cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 dan informan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (a) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat di cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 mengandung nilai-nilai pendidikan berupa pengambilan keputusan, kebiasaan, kendali diri, empati, penentuan perspektif, dan mengetahui nilai moral, hati nurani, mencintai hal yang baik. (b) Mayoritas informan mengatakan bahwa tema diangkat dalam cerpen-cerpen Solopos seputar keluarga, percintaan, dan kehidupan. Bahkan setiap peneliti memiliki perbedaan cara penelitian dalam menulis cerpen sehingga setiap peneliti memiliki kekhasannya masing-masing. (c) Cerpen-cerpen Solopos menarik untuk dibaca karena majas serta kosakata yang digunakan tidak monoton dan terus mengalami pembaruan sehingga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.