Fenomena Permainan Game Online di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Negeri Raden Fatah Palembang Ditinjau dari Perspektif One Dimensional Man Herbert Marcuse

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fakta permainan daring di kalangan pelajar Fusphi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dalam pandangan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. Penelitian ini merupakan pengkajian lapangan. langkah ini guna mendapatkan sebagai karakteristik kebenaran aktual perihal segala sesuatu yang sedang berlangsung pada mahasiswa Fusphi yang dieskpresikan dalam bentuk gejala atau proses. Adapun sumber data yang peneliti ambil ialah bahan primer serta sekunder. Teknik dalam penghimpunan bahan di dalam kajian ini ialah dengan pemantauan, tanya jawab, serta dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan paham “One Dimensional Man” menurut Marcuse Fakta permainan daring yang sedang berlangsung bagi pelajar Fusphi terdapat beberapa poin pemikiran Marcuse yang sesuai dengan kondisi rill mahasiswa Fusphi adalah permainan daring sebagai kebutuhan yang palsu, pecitraan pada sosial media, sebagai pengantar komunikasi antar pemain. Kata Kunci: Fenomena, Permainan Daring, Mahasiswa, One Dimensional Man Abstract This study alms to describe the phenomenon of online games plays among Fusphi students of UIN Raden Fatah Palembang from the perspective of “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. This research is filed research. This method is to find specifically the actual reality of what happening to Fusphi students which is expressed in the form of symptoms or processes.The data sources that the researchers took were primary and secondary data. Techniques in collecting material data in this study are monitoing, question and answer and documentation. Data analysis techniques using descriptive qualitative. Meanwhile, Marcuse’s theory of “One Dimensional Man” sees that the online game Phenomenon that is happening to Fusphi students, there are several points of Marcuse’s thought that are accordance with the real conditions of Fusphi students, online games as a false need, imagery on social media, as an introcution to communication between players. Keywords: Phenomenon, online game, student, One Dimensional Man