Tujuan Pendidikan Agama Kristen Sebagai Kontra Algoritma Sosial Media Pengamplifikasi Dosa

Abstract

Perkembangan menuju media sosial yang canggih tidak terhindarkan. Algoritma untuk mengurasi konten adalah fitur umum sebagian besar media sosial. Namun, algoritma tersebut menimbulkan problematika baru seperti situasi filter bubble dan efek ruang gema (echo chamber). Dampaknya adalah amplifikasi dosa atau sisi kedagingan manusia dalam ranah dunia maya yang disebut dosa digital. Maka perlu ditinjau tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang digunakan sebagai kontra terhadap permasalahan. Hasil penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif menunjukkan PAK yang dilaksanakan sesuai tujuan sesungguhnya adalah solusi dari permasalahan sebab 1) PAK bersifat kontekstual dan akan terus relevan dengan pergumulan manusia segala masa, 2) target PAK juga menggunakan media sosial, 3) Firman Tuhan adalah sumber belajar utama dalam PAK yang tidak lekang oleh waktu, dan 4) keluaran PAK ialah pengikut Kristus yang dewasa secara keseluruhan.