Ada Grill Marketing Strategy In 2023

Abstract

Ada Grill is a business engaged in the culinary field. The purpose of this research is to find out the internal and external factors, understand the strategies used and find out the right strategy that Ada Grill can use in the coming 2023 after covid 19. Data obtained from this research through observation and interviews. While the analysis method used in this research is SWOT analysis. The results showed that the internal strength factor was at a value of 2.33 and the weakness factor was 0.63. Thus the difference obtained is 1.7. Furthermore, the external factor opportunity is 2.00 and the external factor threat is 1.08 so that the difference obtained from opportunities and threats is 1.33. According to the results of the SWOT matrix 4K is in quadrant I position which means that Ada Grill can take advantage of existing opportunities by using strengths. According to the IE matrix, the results of internal factors are 2.97 and the results of external factors are 3.08, indicating that the position is in cell no.2. The marketing mix strategy used by Ada Grill is considered to be able to increase product sales and make a profit. Alternative strategies suggested to Ada Grill are market penetration, market development, development of goods and services. Ada Grill merupakan usaha yang bergerak pada bidang kuliner. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal, memahami strategi yang digunakan dan mengetahui strategi yang tepat yang dapat digunakan Ada Grill pada tahun 2023 yang akan datang pasca covid 19. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal kekuatannya pada nilai 2,33 dan faktor kelemahan di angka 0,63. Dengan demikian selisih yang diperoleh ialah 1,7. Selanjutnya Peluang faktor eksternal yaitu 2,00 dan ancaman faktor ekternal ancaman di angka 1,08 sehingga selisih yang diperoleh dari peluang dan ancaman adalah 1,33. Menurut hasil matriks SWOT 4K berada pada posisi kuadran I yang artinya Ada Grill dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan kekuatan. Menurut matriks IE hasil faktor internal yaitu 2,97 dan hasil faktor ekternal 3,08 menunjukkan bahwa posisinya berada pada sel no.2. Strategi bauran pemasaran yang digunakan Ada Grill dinilai dapat meningkatkan penjualan produk dan memperoleh keuntungan. Strategi alternatif yang disarankan kepada Ada Grill adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan barang dan jasa.