Efektivitas Teknik Imajinasi terhadap motivasi berprestasi Peserta Didik SMPN 1 Makassar.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Teknik Imajinasi dalam meningkatkan motivasi berprestasi, penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah true-Experimenta designl. Dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. rancangan eksperimen yang mengkaji efektivitas penerapan teknik imajinasi terhadap motivasi berprestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi peserta didik pada kedua kelompok berada pada kategori sedang pada pre-test. sedangkan pada post-test kelompok eksperimen berada pada kategoti tinggi dan kelompok kontrol juga berada pada kategori tinggi. Namun skor motivasi berprestasi pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dan kelompok kontrol juga mengalami peningkatan namun peningkatannya cukup rendah. Hasil analisis hipotesis berdasarkan Gain score diperoleh perbedaan mean gainscore kelompok eksperimen dan mean gainscore kelompok kontrol. peningkatan Mean untuk kelompok eksperimen 10.37. dan untuk kelompok kontrol 1.17. Hasil dari post-test tersebut terdapat perbedaan yang cukup jauh (signifikansi), mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari mean kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja diterima (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi siswa antara siswa yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan bimbingan kelompok berupa teknik imajinasi pada peserta SMP Negeri 1 Makassar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik imajinasi berpengaruh nyata dan positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik.