PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN SOCIAL SKILL MAHASISWA INTROVERT PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN PAREPARE

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang (1) problematika social skill mahasiswa introvert program studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare, (2) peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill mahasiswa introvert program studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui problematika yang terjadi terhadap social skill mahasiswa introvert dan mengetahui peran-peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill mahasiswa introvert, metode penelitian kualitatif cara memperoleh data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.   Hasil penelitian problematika social skill mahasiswa introvert terdiri dari kesulitan dalam memulai percakapan saat terjadi interaksi sosial, mahasiswa introvert juga tidak memiliki kemampuan menunjukkan bakat yang dimiliki, mahasiswa introvert terbatas dalam mengemukakan pendapat dan tidak mampu mengekspresikan keinginannya, saat berada dalam kelompok sosial  yang bisa dilakukan adalah menjadi pendengar yang baik, dalam kondisi ini mahasiswa introvert tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Peran teman sebaya yang dilakukan kepada mahasiswa introvert adalah memberikan kesempatan untuk mengekspresikan sendiri keinginan dan perasaannya, selanjutnya memberikan contoh kepada mahasiswa introvert bagaimana menjali komunikasi dan relasi yang baik dengan orang lain serta bagaimana memulai komunikasi agar nampak mudah beradaptasi dengan lingkungan.