Efektivitas Anger Management Training Untuk Menurunkan Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja Pengguna Game Online Mobile Legends Di kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektitivitas anger management training untuk menurunkan kecenderungan agresi verbal pada remaja pengguna game online mobile legends di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest Post-test Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja berjenis kelamin laki-laki yang memiliki kecenderungan agresi verbal sebanyak 20 orang yang terbagi kedalam dua kelompok, yaitu 10 partisipan berada di kelompok kontrol dan 10 partisipan berada di kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan adalah berupa instrumen observasi agresi verbal. Teknik analisis data menggunakan Mann-Whitney dan Wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anger management training efektif untuk kecenderungan agresi verbal pada remaja pengguna game online mobile legends di Kota Makassar (W= 6,000, ρ=0,001) dengan efek sebesar -0,880 dan masuk pada kategori besar. Hasil pre-test kelompok eksperimen (M = 6,800, SD = 2,440) lebih besar dari mean post-test kelompok eksperimen (M = 3,500, SD = 1,080); dan (W = 45,000, ρ=0,008), pre-test kelompok kontrol (M = 6,000, SD = 1,054) lebih kecil dari mean post-test kelompok kontrol (M = 6,100, SD = 1,792). Dengan demikian, anger management training dapat digunakan untuk menurunkan agresi verbal remaja pemain game online.