Peran Bimbingan Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak Di Kelurahan Galung Maloang Kota Parepare
Abstract
Orang tua sangat berperan dalam memberikan bimbingan pada anak. Anak umumnya memerlukan bantuan dari orang tua untuk mengembangkan diri, termasuk kreativitas yang jarang menjadi perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas anak, hambatan atau kendala yang dialami orang tua dalam membimbing, serta peran yang dilaksanakan orang tua sebagai pembimbing dalam meningkatkan kreativitas anak di Kelurahan Galung Maloang Kota Parepare.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui obervasi, wawancara dan observasi terhadap lima orang tua dan anaknya di Kelurahan Galung Maloang, yang dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima anak yang dibimbing kreativitasnya oleh orang tua, rata-rata anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, meskipun ada pula anak yang memiliki rasa ingin tahu yang rendah. Beberapa anak memiliki keinginan mengeksplorasi pengalaman baru, rasa percaya diri yang tinggi, serta daya imajinasi yang tinggi. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa kendala-kendala yang dialami orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak adalah kurangnya pemahaman orang tua mengenai apa itu kreativitas dan bagaimana mengembangkan kreativitas anak, kemudian pekerjaan orang tua yang terkadang membuat interaksi dan kegiatan membimbing menjadi berkurang, dan kurangnya support dari pasangan. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa ada beberapa peran penting orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak. Pertama ada peran perawatan, kemudian peran pendidikan dan peran sebagai fasilitator