Pengaruh Game Mobile Legends terhadap Minat Belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online mobile legends terhadap minat belajar mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional, dimana populasi yang diambil yaitu mahasiswa/i aktif FST UINAM yang bermain game online mobile legend. Untuk menentukan sampel digunakan teknik quota sampling dengan menentukan porsi sebanyak 10 orang tiap jurusan di Faklutas Sains dan Teknologi. Pengambilan data responden melalui google form kemudian data diolah dengan aplikasi SPSS. Game online mobile legend adalah salah satu dari 5 besar game MOBA yang paling banyak dimainkan di pasar android dan banyak digemari oleh kaum pelajar tidak lain ialah mahasiswa. Variabel game online mobile legends terdiri dari tiga indikator yaitu: 1) Terpaan Media, 2) Motivasi Bermain dan 3) Perilaku Imitasi. Dari hasil analisis yang dilakukan dengan uji hipotesis diperoleh nilai F hitung 3,620>F tabel 2,71 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Terpaan Media (X1), Motivasi Bermain (X2) dan Perliaku Imitasi (X3) secara simultan terhadap Minat Belajar (Y). Nilai R2 (R Square) sebesar 0,112 artinya pengaruh variabel Game Online Mobile Legend terhadap Minat Belajar sebesar 11,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dikaji pada penelitian ini.