Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan dalam segala aspek kehidupan mulai dari bidang ekonomi, kesehatan sampai bidang pendidikan. Keadaan ini menyebabkan pelaksanaan pembelajaran biasanya dilaksanakan langsung di dalam kelas, berubah menjadi School from Home, siswa dan guru melaksanakan aktivitas pembelajaran dari rumah. Perubahan tersebut tentu membutuhkan adaptasi dan media pembelajaran yang berbeda dengan aktivitas sebelumnya. Tujuan kajian ini adalah memberikan gambaran terkait penggunaan konferensi video sebagai media alternatif pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian riset pustaka atau studi pustaka. Riset pustaka memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian.  Sumber data yang diperoleh bersumber dari data sekunder yang berasal dari laporan hasil penelitian yang tertuang dalam artikel, buku teks, prosiding dan website serta sumber-sumber lain yang dianggap relevan dengan topik kajian. Hasil kajian penelitian ini adalah konferensi video yang menggunakan Google Meet dan Zoom menjadi alternatif media pembelajaran yang paling banyak di gunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan aplikasi lain seperti dapat diunduh secara gratis, siswa dapat melakukan tanya-jawab langsung seperti di dalam kelas tatap muka. Selain itu guru juga dapat memberikan umpan balik. Kelebihan lain guru dapat menampilkan materi, menjelaskan materi seperti biasanya dalam pembelajaran tatap muka karena tersedia whiteboard untuk menjelaskan menggunakan tulisan tangan menggunakan pen, melakukan perekaman terhadap aktivitas pembelajaran, lebih mudah mengontrol siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan beberapa kelebihan tersebut membuat penggunaan konferensi video lebih dominan digunakan dalam aktivitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.