Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, dan mendeskripsikan bagaimana solusi dari problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalaha studi literatur atau kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Adapun permasalahan yang dihadapi guru yaitu keterbatasan guru dalam mengontrol dan menilai siswa dalam proses pembelajaran daring, kemudian keterbatasan guru dalam memberikan materi yang mudah dipahami oleh siswa. Adapun permasalahan yang dihadapi siswa yaitu kurangnya fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran daring seperti adanya siswa yang tidak memiliki handphone, laptop, ataupun komputer dan kurangnya akses jaringan internet (kuota) yang memadai, kemudian adanya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran serta kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar secara daring, sehingga siswa merasa tidak bersemangat dan malas dalam mengikuti pembelajaran daring. Beragam permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dengan mengatasi dengan guru harus meningkatkan kekreatifan dan kemampuan dalam penguasaan teknologi pembelajaran dengan mencari model pembelajaran yang cocok dengan kondisi belajar pada masa pandemi, dan pemerintah juga turut dalam mengatasi permaslahan pembelajaran. Serta guru harus mampu dalam mengolah kelas online dengan maksimal.