Penerapan Demokrasi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang. Pendidikan dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik seperti halnya penerapan demokrasi pendidikan dalam pembelajaran yang mengusung konsep memberi kebebasan siswa dalam berpendapat, menyampaikan sanggahan, dan juga memiliki kesempatan yang sama tanpa ada pembedaan dari segi suku, ras, dan golongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan demokrasi pendidikan dalam proses pembelajaran siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dimana data didapatkan dari jurnal, artikel, maupun website yang tersedia dalam internet dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data melalui empat tahap yaitu mencari data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada saat ini tidak hanya dijadikan objek pembelajaran akan tetapi juga dijadikan subjek yang ikut terlibat dalam diskusi saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang demokratis bagi siswa.