Pengaruh Mobile Legends Terhadap Minat dan Semangat Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game mobile legends terhadap semangat dan minat belajar mahasiswa. Penulis mengangkat tema ini dikarenakan maraknya game mobile legends  pada kalangan mahasiswa, dengan pengguna aktif di Indonesia kurang lebih 34 juta pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif. Pada hasil penelitian yang dilakukan memperoleh rata-rata poin variabel tingkat semangat dan minat belajar pada pengguna game Mobile Legends mahasiswa FIP 2021 yaitu 17,3 terletak pada interval 16 - 19,9 dan berada pada kategori kurang. Selanjutnya rata-rata poin variabel yang sering menunda tugas karena bermain Mobile Legends adalah 34,6 terletak pada interval 31- 36 dan berada pada kategori cukup. Dan dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukan nilai Sig 0,002 < 0,005 dan Sig 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penundaan pengerjaan tugas dan semangat dan minat belajar tidak memiliki pengaruh terhadap variabel penggunaan Mobile Legends mahasiswa FIP 2021.