Pengaruh Layanan ATM dan Mobile Banking terhadap Loyalitas Nasabah Bank Sulselbar Cabang Sinjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel pelayanan Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) dan Tangible (Bukti Fisik) terhadap loyalitas nasabah bank Sulselbar Cabang Sinjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan survey pada perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank Sulselbar Cabang Sinjai yang menggunakan produk ATM dan Mobile Banking, dengan penentuan jenis sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin ini adalah Kuesioner/ Angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Analisis Korelasi Antar Variabel, Analisis Statistik, Uji Analisis Regresi Berganda, dan Uji Statistik. Hasil penelitian menunjukkan: berdasarkan hasil pengujian secara parsial atau Uji T bahwa variabel Responsiveness (Ketanggapan) (X2) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,424) > ttabel (1,994) dan variabel Reliability (Keandalan) (X1) dengan nilai signifikan 0,042 < 0,05 dan nilai thitung (2,074) > ttabel (1,994) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Sedangkan, variabel Assurance (Jaminan) (X3) dengan nilai signifikan 0,955 > 0,05 dan nilai thitung (0,065) < ttabel (1,994), Empathy (Empati) (X4) dengan nilai signifikan 0,065 > 0,05 dan nilai thitung (-1,873) < ttabel (1,994) dan Tangible (Bukti Langsung) (X5) dengan nilai signifikan 0,069 > 0,05 dan nilai thitung (1,847) < ttabel (1,994) tidak memiliki pengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan atau uji F bahwa variabel pelayanan produk berbasis teknologi mempengaruhi loyalitas nasabah (Y) secara bersama-sama