Preferensi Masyarakat terhadap Produk Wadi’ah pada Bank BTN Syariah Parepare
Abstract
Penelitian ini akan mengkaji dua permasalahan, yaitu: Bagaimana produk Wadi‟ah di Bank BTN Syariah Parepare dan Apa Preferensi Masyarakat terhadap produk Wadi‟ah di Bank BTN Syariah Parepare. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa yang menjadi preferensi masyarakat ketika mendengar dan mengetahui tentang produk Wadi‟ah di Bank BTN Syariah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Data Display (Penyajian Data), Conclusive Drawing/Verification (Mengambil kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk wadi‟ah pada Bank BTN Syariah Parepare merupakan titipan murni dari pihak yang menyimpan atau menitipkan kepada pihak penerima titipan untuk digunakan atau tidak digunakan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. Produk wadi‟ah di Bank BTN Syariah Parepare menggunakan sistem bagi hasil, dihitung berdasarkan nisbah dikalikan dengan pendapatan Bank atas dana yang disetorkan nasabah. 2) Preferensi masyarakat terhadap produk Wadi‟ah di Bank BTN Syariah Parepare dipengaruhi oleh beberapa konsep preferensi yaitu: Completeness, Transivity, Continuity, dan More is better. Preferensi masyarakat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis.