PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP POLEWALI
Abstract
Bank dapat menjadi pilihan masyarakat dalam menabung untuk keperluan sehari-hari ataupun untuk keperluan yang akan datang. Masyarakat muslim dapat memilih bank yang tidak bertentangan dengan ajaran islam. Minat merupakan ketertarikan terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan perasaan senang, suka maupun kenyamanan. Produk adalah segala sesuatu yang memenuhi persyaratan pasar dan dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi. Lokasi merupakan tempat untuk menjalankan suatu aktivitas, baik aktivitas dalam melayani, memproduksi, menyimpan, memasarkan, ataupun melakukan suatu kegiatan operasional secara keseluruhan dan memaksimalkan laba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, Lokasi penelitian berada di Kecamatan Polewali dengan menggunakan metode purposive sumpling, siapa saja yang ditemui oleh peneliti sebanyak 100 orang dari Kecamatan Polewali sebagai sampel penelitian. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat kecamatan polewali dan pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS. Variabel yang digunakan yaitu produk (X1), lokasi (X2), dam minat menabung (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif data, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Variabel produk memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat pada Bank Syariah Indonesia Polewali. Nilai t hitung untuk efek ini adalah 3,576 lebih besar dari t tabel 1,661, dan tingkat signifikansi ini menunjukkan bahwa semakin besar kesadaran masyarakat terhadap produk dan istilah perbankan syariah, maka minat untuk menabung akan semakin besar. Variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia Polewali dengan nilai t hitung sebesar 3,879 dengan t tabel sebesar 1,661 dan nilai signifikan 0,000 < 0,1. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan suatu lokasi untuk mempengaruhi kepentingan publik berbanding lurus dengan jarak, keamanan, jangkauan, dan keberadaan bank yang mudah terlihat. Ketiga, dengan F hitung 24,479 > F tabel 2,36 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 maka variabel produk dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat pada Bank Syariah Indonesia Polewali. Artinya jika produk dan lokasi semakin ditingkatkan maka minat masyarakat untuk menabung akan meningkat.