Analisis Peranan Leadership Serta Budaya Organisasi terhadap Perilaku Karyawan

Abstract

Organisasi adalah media sekelompok orang yang memiliki tujuan serta ingin dicapai melalui orang-orang yang berada dalam organisasi tersebut. Pencapaian melalui berapa orang tersebut merupakan pokok tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Namun banyaknya masyarakat yang menilai suatu keberhasilan dari organisasi atau perusahaan ditautkan dengan adanya rangkaian produksi barang maupun jasa yang berkualitas tinggi dan berkuantitas. Bagian atau unsur terpenting di antara bagian-bagian tersebut yaitu sumber daya manusia (SDM), individual atau tenaga kerja. Dapat diketahui faktor sumber daya manusia atau tenaga kerja merupakan pengendali dari segala macam aktivitas perusahaan. Tujuan organisasi dapat tercapai apabila didukung oleh leadership atau kepempinan dan budaya organisasi yang efektif sehingga kinerja karyawan dapat terus berkembang dan meningkat. Dengan kinerja karyawan meningkat akan berdampak positif pada kinerja organisasi juga. Peningkatan Kinerja karyawan dapat dilakukan dengan memperbaiki atau merubah budaya organisasi yang lebih efektif karena Budaya Orgnaisasi secara positif signifikan mempengaruhi kinerja karyawan.