Gambaran Kualitas Kerja Karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Wonomulyo Polewali Mandar

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dapat dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pegawai sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan atau diberikan kepadanya (Fauzi, 2020). Membahas terkait kinerja karyawan yaitu tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu kualitas kerja karyawan. Menurut Flippo (Amaliyyah et al., 2021)ikualitas kerja adalah suatu hasil yang dapat diukur dengan efektifitas dan efisiensi suatu pekerjaan yang dilakukan oleh sumber daya manusia atau sumber daya lainnya dalam pencapaian tujuan atau sasaran perusahaan denga baik dan berdaya guna.iBank Syariah Indonesia pada umumnya dituntut untuk mampu bersaing dengan bank-bank konvensional dengan meningkatkan kualita kerja dari karyawannya, termasukkan menggerakkan roda perekonomian bangsa Indonesia (Umardani & Muchlish, 2016). Agar dapat menghadapi persaingan di dunia perbankan, perusahaan perlu memiliki keunggulan yaitu salah satunya dengan memperbaiki sumber daya manusia yang dimilikinya (Sinaga et al., 2021). Bank Syraiah Indonesia KCP Wonomulyo Polewali Mandar memiliki karyawan yang aktif pada saat ini yaitu sebanyak 18 karyawan, dimana peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana gambaran dari kualitas karyawan tersebut dan seberapa besar rata-rata tingkat kualitas kerja yang dimiliki oleh karyawan. Oleh karena itu, peneliti mengangkat judul yaitu gambaran kualitas kerja karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Wonomulyo Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh yang semua populasinya digunakan sebagai sampel (Unaradjan, 2019). Penelitian ini dilakukan pada 18 orang karyawan aktif yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu subjek lebih banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 10 orang (55,6%), subjek yang paling banyak adalah yang bekerja 6-10 tahun yaitu 8 orang (44,4%), dan subjek yang paling banyak adalah berumur antara 26-30 tahun yaitu 7 orang (38,8%). Adapun kualitas kerja  karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Wonomulyo Polewali Mandar dominan berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 8 orang (58,89%).