MARKETING MIX SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PERBANKAN SYARI’AH

Abstract

Every company must do the marketing process. This process is what makes consumers / customers interested to use products or services that are launched. so it needs a special strategy in running this process. Marketing strategy is commonly used is marketing mix, which aims to increase the number of customers, the obstacles encountered include, the modification of the price is not maximized, the product design is less good, less than optimal campaign, distribution channels are not on target, can run smoothly and continue must also be coupled with justice and honesty so that any marketing strategy run by the company will create a justice and goodness In addition to the marketing mix (Marketing Mix) in increasing the number of customers Marketing information system is also in need by the management of Sharia Banking Because the device this is usually intended to process data into information to customers and society. In addition, as a consideration of the Board of Directors to make decisions relating to marketing   Abstrak Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing. Proses inilah yang menjadikan konsumen/nasabah tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang diluncurkan. sehingga Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Strategi Pemasaran yang biasa digunakan adalah marketing mix, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah nasabahnya, kendala yang dihadapi diantaranya, modifikasi harga yang belum maksimal, desain produk yang kurang bagus,promosi yang kurang maksimal, saluran distribusi yang tidak tepat sasaran,selain itu agar strategi pemasaran bisa berjalan dengan lancar dan continue harus juga dibarengi dengan keadilan dan kejujuran sehingga strategi pemasaran apapun yang dijalankan oleh perusahaan akan tercipta suatu keadilan dan kebaikan Selain bauran pemasaran (Marketing Mix) dalam meningkatkan jumlah nasabah Sistem informasi pemasaran juga di butuhkan oleh manajemen Perbankan Syariah Karena perangkat ini biasa ditujukan untuk mengolah data menjadi informasi kepada nasabah dan masyarakat. Selain itu juga sebagai bahan pertimbangan Direksi untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan pemasaran. Kata Kunci : Marketing Mix, Strategi, Nasabah, Perbankan Syariah