Keputusan Memilih Pembiayaan Murabahah atas Pengaruh Lokasi dan Promosi

Abstract

Lokasi dan promosi sangatlah penting bagi sebuah perusahaan maupun sebuah lembaga. Karena tempat yang strategis mampu menarik konsumen. Konsumen lebih dominan menyukai tempat yang dekat dengan tempat usaha mereka maupun yang mudah dijangkau oleh mereka. Promosi sebagai media informasi bagi masyarakat untuk mengetahui tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau lembaga sehingga konsumen merasa tertarik dan mau membeli produk atau jasa. Metode yang digunakan kuantitatif, instrument dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini pedagang di Pasar Pahing yang melakukan pembiayaan murabahah “Modal Usaha Barokah” di BMT UGT Sidogiri Kediri sebanyak 150 orang (responden). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data diolah menggunakan analisis deskriptif data, uji validitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan bahwa persamaan regresi terbentuk adalah Y = 10,314 + 0,623 X1 + 0,268 X2. Jika lokasi mengalami peningkatan satu satuan maka keputusan pedagang akan naik sebesar 0,623 dan Jika promosi mengalami peningkatan satu satuan maka keputusan pedagang akan naik sebesar 0,268. Menurut hasil uji T diketahui bahwa nilai signifikan t (0,000 < 0,05) dengan hasilthitung = 13,286 >ttabel= 1,65882 maka H0 ditolak dan Ha1 diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variable lokasi (X1) terhadap variable keputusan pedagang (Y). Dan diketahui bahwa nilai signifikan t (0,000 < 0,05) dengan hasilthitung = 5,070 >ttabel =1,65882 maka H0 ditolak dan Ha2 diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan variable promosi (X2) terhadap variable Keputusan pedagang (Y). Berdasarkan uji signifikansi R Square yang telah dilakukan. Hasilnya, promosi dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pedagang di Pasar Pahing dalam memilih pembiayaan murabahah sebesar 0,794 atau 79,4%. Sehingga diperoleh hasil bahwa sebesar79,4% keputusan pedagang dipengaruhi oleh variable lokasi dan promosi, sedangkan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh variable-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitianini, seperti harga dan produk.