Implementasi Autentik Assessment pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Asesmen Otentik pada Pembelajaran Fikih Kelas IV di MTsN Magetan 8 dan mengkaji hasil asesmen autentik pada mata pelajaran Fikih kelas IV di MTsN 8 Magetan. Penelitian tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen untuk mengumpulkan data, dan untuk memperkuat validitas data yang ditemukan dan keaslian penelitian, mereka mengacu pada standar validitas data seperti kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas . Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian autentik mata pelajaran Fikih dilaksanakan di MTsN Magetan 8 pada awal pembelajaran, selama pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Penilaian dalam pembelajaran Fikih dilakukan secara terpadu. Penilaian ini dilakukan untuk mencapai kompetensi dalam Kurikulum 2013, dengan kegiatan pembelajaran meliputi tiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Beberapa teknik penilaian yang digunakan dalam proses penilaian autentik untuk mata pelajaran Fikih antara lain tes tertulis, tes tertulis, penugasan, praktik, proyek, portofolio, observasi, penilaian diri, penilaian peer-to-peer, dan jurnal guru.