RELIGIUSITAS, MARGIN LEVEL, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MELAKUKAN TAKE OVER PEMBIAYAAN

Abstract

Keputusan nasabah melakukan take over didasari dengan maksud memudahkan pembiayaan yang sudah ada sebelumnya, dengan menambahkan angsuran atau mencari tingkat suku bunga yang lebih rendah. Penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, tingkat margin dan kualitas pelayan terhadap keputusan nasabah melakukan take over pembiayaan. Sampel penelitian sebanyak 108 orang dan menggunakan purposive sampling. Menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian menunjukan secara serempak variabel religiusitas, tingkat margin dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan take over pembiayaan pada Bank Syariah dengan nilai adjusted R Square sebesar 0,507 sama dengan 50,7%. Sisa variabel lain yang tidak dimasukan dalam model (e) sebesar 49,3%. Secara parsial religiusitas dan tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah