Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank BSI (Bank Syariah Indonesia)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan nasabah dan niat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif sebagai metodologinya. Hingga 30 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH BANTEN telah menanggapi survei tersebut. Teknik statistik untuk analisis deskriptif dan inferensial digunakan untuk memeriksa data yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana minat nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) dipengaruhi oleh kualitas layanan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas layanan. Hubungan antara minat nasabah untuk menabung dan kualitas layanan yang diberikan adalah sedang, yang menyiratkan bahwa hubungan tersebut tidak terlalu kuat atau terlalu lemah namun tetap substansial. Minat nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 71,5% dari variabel tersebut, sedangkan sisanya sebesar 28,5% berasal dari variabel kualitas pelayanan.