SOCIAL MEDIA LITERACY: COMPARISON OF STUDENTS IN MOUNTAIN AREAS AND COASTAL AREAS IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC PSYCHOLOGY

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis literasi media sosial pada siswa SMA di wilayah Samosir dan wilayah Belawan. Subjek penelitian adalah 50 siswa yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilakukan pada minggu pertama bulan Januari 2023 sampai dengan minggu kedua bulan Maret 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan menyebarkannya kepada responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa di masing-masing sekolah tidak hanya menggunakan internet sebagai sarana mencari informasi namun juga digunakan sebagai sarana pembelajaran. Terdapat perbedaan cukup signifikan dari pernyataan konten media yang banyak dilihat yakni sebanyak 50% responden SMA di Samosir memilih konten pendidikan sebagai media sosial yang paling sering diakses dan 38% responden SMA di Belawan memilih konten hiburan yang sedang viral. Perbedaan terhadap pilihan konten media sosial yang paling sering diakses oleh siswa pada akhirnya dapat mengarah pada pilihan hidup yang akan ditentukan oleh siswa.