Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Disleksia Di Era Pandemi Covid-19

Abstract

Abstrak: Tujuan penulisan ini yakni untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam proses belajar anak disleksia di era pandemi covid-19. Penelitian ini memaparkan terkait pola asuh orang tua dan keterkaitannya dengan dampak yang muncul pada anak dengan gangguan disleksia. Penelitan ini merupakan jenis penelitian literatur review menggunakan jenis sumber data sekunder berupa artikel ilmiah yang linier. Data-data yang diperoleh kem udian direduksi untuk selanjutnya dilakukan analisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni adanya perbedaan yang dihasilkan dari adanya pola asuh yang berbeda mulai dari pola asuh permisif, otoriter, dan deokratis. Anak disleksia yang memperoleh perlakuan pola asuh demokratis cenderung lebih mudah untuk berkembang dan meningkatkan potensinya apabila dibandinkan dengan anak yang memperoleh perlakuan pola asuh otoriter terlebih saat pandemi dimana pendidikan anak sepenuhnya dilakukan secara daring dengan penuh pengawasan dari orang tua