Peran Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Komunikasi Siswa

Abstract

Kemampuan komunikasi siswa merupakan hal yang penting dan harus ditingkatkan. Faktanya, kemampuan komunikasi siswa masih berada di bawa standar yang ditentukan. Hal tersebut nampak ketika guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan, namun siswa tersebut menolak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam melatih kemampuan komunikasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah. (2) Mendeskripsikan dampak kegiatan muhadharah terhadap kemampuan komunikasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokmentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model Milles Huberman. Adapun tahap- tahapnya yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa telah dilaksanakan kegiatan muhadharah di Madrasah Ibtidaiyah. Ini diawali dengan siswa berpidato di depan teman-temanya. Materi yang dipilih bertema bebas. Kegiatan ini dipandu oleh pembawa acara yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan bersholawat. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pidato dan diakhiri dengan sambutan dan doa oleh guru. Hasil penelitian yang kedua yaitu peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah diadakan kegiatan muhadharah dan pelatihan dari guru.