Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat dan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bnagun Datar Kelas IV SDN Ngrukem

Abstract

Pentingnya model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas IV SDN Ngrukem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental Desaign (non-design). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design yakni didalamnya terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan penerapan model pemeblajaran discovery learning dan posstest sesudah diberikan perlakuan peneran model pembelajaran discovery learning. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ngrukem, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji T dan uji Manova terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap minat siswa pada materi bangun datar kelas IV SDN Ngrukem dengan nilai sig 0,004 < 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas IV SDN Ngrukem dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap minat dengan nilai sig 0,003 < 0,05 dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan nilai sig 0,000 < 0,05 pada materi bangun datar keals IV SDN Ngrukem. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning ini berpengaruh terhadap minat dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas IV SDN Ngrukem.