Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Materi Haid Bagi Siswi Kelas 4 MI Bahrul Ulum Buluh Krandegan Kebonsari Madiun

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses untuk memahamkan siswa. Sehingga dalam pemahaman diperlukan adanya upaya. Namun dalam memudahkan pemahaman bagi siswa, guru pasti mempunyai kendala dalam memahamkan siswa. Pada saat ini siswi kelas 4 MI yang sudah ada mengalami haid, dikarenakan haid berhubungan langsung dengan thaharah yang merupakan syarat melakukan ibadah. Oleh karena itu, pentingnya pemahaman haid bagi seorang wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran fiqih wanita pada materi haid siswi kelas 4 dan hasil dalam meningkatkan pemahaman fiqih wanita pada materi haid siswi kelas 4 di MI Bahrul Ulum. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru berupaya dalam merencanakan pembelajaran dengan menyusun rencana pembelajaran terkait dengan metode, strategi materi pembelajaran. Upaya dalam proses pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran. Guru juga menggunakan materi tambahan yang berupa diktat. Dalam diktat terdapat materi mengenai fiqih wanita diantaranya bagaimana bersuci dari hadas besar, batasan aurat wanita. Upaya guru memotivasi siswa, upaya dalam membimbing siswa, upaya dalam evaluasi. Hasil dari diadakannya upaya guru dibuktikan dengan meningkatnya hasil evaluasi melalui nilai siswa dengan predikat baik, kesadaran dalam melakukan larangan ibadah saat mengalami haid yaitu dengan tidak memasuki area masjid, dan mengetahui batasan aurat seorang wanita. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan peningkatan pemahaman siswa mengenai fiqih wanita tentang haid meningkat