Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Terhadap Pembentukan Watak Kewarganegaraan Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadap pembentukan watak kewarganegaraanmahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadapwatak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung besarnya presentase pengaruhnya yaitu 75,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, lingkungan belajar, dan layanan pendukung dan untuk variabel dependen (Y) yaitukemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh berbasis daring sebesar 75,1% terhadap watak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung. Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring, Watak Kewarganegaraan, Mahasiswa