RUMAH BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN SEMANGAT PESERTA DIDIK DI KAMPUNG KOTA BARU AKIBAT SISTEM PEMBELAJARAN SECARA DARING DI KAMPUNG KOTA BARU
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mempengaruhi proses pembelajaran anak sekolah, khususnya di Indonesia. Mereka diharuskan belajar dari rumah secara daring sehingga memerlukan pendampingan dari orang tua. Orang tua dari anak-anak dengan berbagai latar belakang pendidikannya belum optimal dalam melakukan pendampingan belajar ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik di Kampung Kota Baru, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis dengan bekerjasama dengan aparat kampung melakukan pendampingan pembelajaran kepada peserta didik. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa Universitas Lampung sebagai upaya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan rumah belajar ini memberikan banyak manfaat, wawasan, dan pengetahuan kepada anak-anak di Kampung Kota Baru, terutama dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar. Metode penulisan yang dipilih untuk artikel ini adalah menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan model deskriptif-eksplanatif. Hasil dari program rumah belajar ini ditujukan dengan bertambahnya semangat belajar peserta didik, anak yang tidak dapat membaca menjadi bisa membaca, dan perkembangan yang cukup signifikan dalam pmbelajaran yang terjadi di dalam kelas. Dengan demikian, optimalisasi rumah belajar dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran anak pasca terjadinya pandemic Covid 19. Kata Kunci: Rumah Belajar, Semangat Belajar, Pasca Pandemi Covid 19 Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2.i2.77-82