PELATIHAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI MGMP SEJARAH

Abstract

Program pengabdian Pembelajaran Berbasis HOTS dan Pelatihan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah pada MGMP Sejarah di Kabupaten Lampung Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sejarah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Lampung Selatan dalam membuat Pembelajaran Berbasis HOTS dan Penilaian kepada siswa agar kompetensi guru dalam menyusun penilaian mata pelajaran sejarah berbasis HOTS meningkat. Sosialisasi berupa presentasi oleh nara sumber tim pengabdian dan pelatihan langsung kepada peserta berupa pendampingan peserta pengabdian merupakan metode yang digunakan dalam program pengabdian ini. Instrumen yang digunakan adalah presentasi PowerPoint, contoh evaluasi mata pelajaran sejarah, dan lembar evaluasi kegiatan berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian Pembelajaran Berbasis Hots dan Pelatihan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah untuk MGMP Sejarah di Kabupaten Lampung Selatan telah dilaksanakan dengan baik dengan indikator pencapaian tujuan pengabdian yaitu dan peningkatan kompetensi guru sejarah, dalam hal ini peserta pengabdian untuk melakukan pembelajaran dan penilaian. HOTS berdasarkan mata pelajaran sejarah. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Asesmen, HOTS Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i1.7-12