PELATIHAN PENYUSUNAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY
Abstract
Survey awal pada guru-guru di Kecamatan Bangkunat Belimbing menunjukkan bahwa mereka belum memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan kritis (CCT) melalui pembelajaran. Oleh karena itu, Guru-guru tersebut perlu memperoleh informasi (melalui pelatihan) mengenai penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran Inquiry Social Complexity. Pelatihan ini dilaksanakan di SMPN 4 Krui dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA, dan SMK. Selanjutnya, pelatihan ini menerapkan pelatihan aktif dengan ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari proses maupun hasil pelatihan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta pelatihan telah mampu memahami dan menyusun RPP berbasis model pembelajaran Inquiry Social Complexity. Kata Kunci: Pelatihan, creative dan critical thingking (CCT) skill, Perencanaan Pembelajaran, Inquiry Social Complexity. Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i1.1-6