LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI ABAD-21

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan tatanan dalam Pendidikan. Arah pendidikan abad-21 mengalami perubahan yang signifikan terutama pada proses pembelajaran. Penerapan teknologi digital pada proses pembelajaran membuat pendidik diharuskan untuk menyesuaikan dengan cepat. Pengenalan metode pembelajaran dengan pendekatan blended learning adalah sebagai respon perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Pola interaksi tatap muka disandingkan dengan pola interaksi daring atau Pendidikan jarak jauh. Kurangnya kesiapan pada pendidik dan peserta didik dalam menghadapi perubahan yang cepat menimbulkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran. Lemahnya pemahaman pada literasi digital membuat pendidik kesulitan dalam memilih media yang efektif digunakan sehingga proses pembelajaran tidak berjalan efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada MGMP Ekonomi SMA Jawa Tengah diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada MGMP Ekonomi SMA Jawa Tengah dimaksudkan untuk memberikan penguatan kepada guru agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif guna mendorong optimalisasi sumber daya dan pemanfaatan tekonologi digital sebgaia bentuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini dengan mengungkap permasalahan dari mitra. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pendampingan berkelanjutan baik dengan metode ceramah tanya jawab, diskusi, simulasi serta pendampingan sehingga menemukan solusi yang tepat. Luaran pengabdian ini adalah publikasi artikel di jurnal nasional terakreditasi dan publikasi pada media massa/elektronik. Kata Kunci : Literasi Digital, MGMP Ekonomi, Jawa Tengah Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i2.68-77