MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS PAMAHAMAN NILAI KARAKTER ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU BERAGAMA

Abstract

Dewasa ini pendidikan karakter Islam banyak digandrungi baik di dunia pendidikan maupun di tengah masyarakat, untuk bisa menerapkan hal tersebut perlu dikelola sedemikian rupa terutama dalam manajemen pendidikan peserta didik yang hasilnya akan berimplikasi pada perilaku beragama peserta didik itu sendiri. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap manajemen peserta didik berbasis pemahaman nilai karakter islami dan implikasinya terhadap perilaku beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif beserta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik berbasis pemahaman nilai karakter islami di SMK Assyafiiyah berjalan dengan melakukan kerja sama dengan berbagai unsur pendidikan, baik user, stakeholders, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan seluruh civitas akademik sekolah. Mengoptimalkan pemahaman nilai karakter Islami dalam pembelajaran yang dibantu dan dibimbing oleh guru, serta menggunakan lima pendekatan yakni penanaman nilai sosial, perkembangan kognitif, analisis nilai, klarifikasi nilai, dan pembelajaran berbuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan langkah manajemen peserta didik dan pendekatan-pendekatan tersebut manajemen peserta didik berbasis pemahaman nilai karakter islami dapat berimplikasi terhadap perilaku beragama peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari.