PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN SKI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring selama pandemic covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Nurul Iman Sindangkerta Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel Krejcie berjumlah 40 responden. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah instrumen berbentuk kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh pembelajaran daring selama pandemic covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada tabel koefisien sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan nilai sig. kurang dari nilai alpha ? = 0.05 atau nilai sig 0.000 ? = 0.05. Hal ini mengandung arti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari analisis pengolahan data tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring selama pandemic covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MA Nurul Iman Sindangkerta Bandung Barat.